Sumber Bahan Makanan yang Bisa Mencerdaskan Anak

  • Bagikan

Anak-anak selalu membutuhkan nutrisi yang cukup bagi tubuhnya agar ia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Penelitian menunjukkan jika anak kekurangan 1 nutrisi saja yang penting untuk otak, maka ia bisa menurunkan kesiagaan mental otak anak. Berikut ini adalah beberapa sumber bahan makanan yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak dan menjadikan anak cerdas.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber bahan makanan terbaik penghasil asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Kandungan asam lemak omega 3 dalam 100 gram Ikan Salmon mencapai 2,2 gram. Kebutuhan anak-anak untuk omega-3 per hari adalah 1,2 gram. Oleh karena itu sangat bagus jika anak-anak dapat mengonsumsi salmon setiap hari.
Pemenuhan omega-3 juga bisa dipenuhi melalui ibu hamil yang sedang mengandung yakni dengan cara mengkonsumsi multivitamin ibu hamil dengan DHA tinggi.

2. Telur

Makanan kedua adalah telur yang dikenal murah dan bisa didapatkan di mana saja. Bagian kuning telur mengandung zat kolin, yang dapat membantu perkembangan daya ingat atau memori. Kandungan kolin dalam satu butir telur adalah 126 miligram. Sedangkan kebutuhan kolin untuk anak-anak adalah 200 hingga 375 mg per hari.

3. Selai Kacang

Kacang di dalam proses pertumbuhan anak berfungsi sebagai salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini berfungsi sebagai sumber anti oksidan yang melindungi membran-membran sel saraf.  Vitamin E Bersama Thiamin membantu otak dan sistem saraf dalam pengunaan glukosa dan kebutuhan energi.

4. Gandum Murni

Gandum murni memiliki fungsi untuk menyuplai glukosa dari tubuh yang keluar dai kandungan seratnya. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf. Gandum mengandung vitamin B sebanyak 1,5 mg per 100 gram, sedangkan kebutuhan per hari anak-anak adalag 1 mg.

5. Yoghurt, Susu

Produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Oleh karena itu, Yoghurt sangat cocok sebagai sumber energi bagi otak. Kedua jenis zat protein dan vitamin B penting bagi pertumbuhan otak, neurotransmitter, dan enzim.

Demikian di atas adalah sumber-sumber makanan yang bisa mencerdaskan anak. Anda juga bisa melihat berbagai produk untuk suplemen anak-anak yang berfungsi serupa dengan mengunjungi aplikasi Gue Sehat
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.