Warning: Undefined array key "id" in /home/u5238177/public_html/newsumatera.com/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/opengraph/class-image.php on line 119

Warning: Undefined array key "id" in /home/u5238177/public_html/newsumatera.com/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/opengraph/class-twitter.php on line 194

Singgang Bakar – Bika Ambon nya Minangkabau

  • Bagikan
Foto by: @Indra Cahaya
Makanan lezat yang sangat cocok sebagai pelengkap ketika minum kopi ataupun teh di pagi hari , apalagi dihidangkan ketika masih panas. Wow… rasanya ngangenin bro!!.
Bika Minangkabau atau masyarakat Sumatera Barat menyebutnya Singgang, sangat berbeda dengan kue Bika Ambon yang sering kita lihat atau kita temui di daerah asalnya Medan. Rasanya yang lezat  sebagai ciri khas makanan Minangkabau yang terkenal dengan rasanya yang enak.

Nah, ini mungkin yg persepsi yg harus diluruskan, bernama bika ambon bukan berarti makanan bika ini berasal dari Ambon loh. Tetapi justru makanan yg satu ini berasal dari Medan. 
Foto by: @Indra Cahaya
Jika dilihat sekilas pun kita dapat langsung melihat perbedaan antara Bika Ambon dengan Singgang Minangkabau , meskipun bahan dasarnya sama namun dalam hal rasa dan bentuk serta cara pengolahannya juga berbeda loh.
Dari tekstur masing-masing makanan tersebut, bika Ambon berwarna kuning atau hijau (pandan) dengan tekstur berlubang-lubang seperti sarang tawon (lebah). Sedangkan Bika Minangkabau atau Singgang memiliki warna putih, dengan tekstur dan bentuk layaknya kue apem.

Dalam pengolahan Bika Ambon diolah dengan cara dikukus, sedangkan Singgang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. 
Penulis: Indra Cahaya
Editor: Alber Andesko

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *