Warning: Undefined array key "id" in /home/u5238177/public_html/newsumatera.com/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/opengraph/class-image.php on line 119

Warning: Undefined array key "id" in /home/u5238177/public_html/newsumatera.com/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/opengraph/class-twitter.php on line 194

Datuak Parpatiah Nan Sabatang

  • Bagikan

Pendahuluan

Datuak Parpatiah Nan Sabatang adalah seseorang tokoh asal Minangkabau yang mana beliau merupakan salah satu dari tokoh adat yang menyusun adat istiadat yang ada di Minangkabau. Sistem adat yang beliau ajarakan dikenal juga dengan sebutan Lareh Budi Caniago.

Datuak Parpatiah Nan Sabatang

Datuak Parpatiah Nan Sabatang merupakan anak dari pasangan Cati Bilang Pandai dengan Puti Indo Jelita. Beliau ini bersaudara se ibu dengan Datuak Katumangguangan namun hanya saja berbeda ayah.
Berdasarkan Tambo Minang, nama kecil dari Datuak Parpatiah Nan Sabatang adalah Balun, sehingga beliau sering di panggil sebagai Sutan Balun. Namun adapun nama kecil beliau masih banyak orang berpendapat lain mengenai nama kecil beliau ini, karena layaknya manusia yang hidup di zaman sekarang kadang bisa di panggil buyuang, kadang bisa di panggil ajo, dan kadang juga bisa dipanggil dengan sebutan lainnya.
Nama Datuak Parpatiah Nan Sabatang Sangat tersohor di Solok karena beliau merupakan salah satu seseorang yang berjasa dalam pembangunan pertanian di Solok. Sehingga untuk mengenang jasa beliau salah satu jalan di Solok di beri dengan nama jalan Datuak Parpatiah Nan Sabatang.
Di Negeri Sembilan Malaysia ajaran adat Minangkabau yang ada disana merupakan ajaran adat yang di ajarkan oleh Datuak Parpatiah Nan Sabatang.

Pustaka

1. Batuah, A. Dt. (1959). Tambo Minangkabau dan Adatnya. Jakarta: Balai Pustaka.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *