8 Daftar Negara yang Menerapkan Syariat Islam, Mana Saja?

  • Bagikan
8 Daftar Negara yang Menerapkan Syariat Islam, Mana Saja?
8 Daftar Negara yang Menerapkan Syariat Islam, Mana Saja?

Daftar Negara yang Menerapkan Syariat Islam, Mana Saja?

Daftar negara yang menerapkan syariat Islam di dunia tidak hanya berpusat di Timur Tengah. Hukum syariat Islam adalah seperangkat hukum yang digunakan untuk mengatur kehidupan umat Islam.

Hukum syariat Islam berasal dari Al-Qur’an dan Hadist yaitu perkataan dari Nabi Muhammad SAW. Semua tindakan dikategorikan sebagai wajib, direkomendasikan, diizinkan, atau tidak diperbolehkan.

Sebagian besar tindakan dikategorikan sebagai diizinkan yang berarti tidak dianjurkan. Hukum Syariah juga berlaku untuk semua aspek kehidupan, termasuk perilaku publik, perilaku pribadi, dan keyakinan pribadi.

8 Daftar Negara yang Menerapkan Syariat Islam, Mana Saja?
8 Daftar Negara yang Menerapkan Syariat Islam, Mana Saja?

Dikutip dari The Straits Times, berikut beberapa negara yang menerapkan hukum syariah bagi warganya,

Daftar negara yang menerapkan syariat Islam di dunia:

1. Arab Saudi

Syariat Islam adalah semua dasar hukum yang diterapkan di Negara Arab Saudi. Hukum di Arab Saudi seperti pencurian, pemerkosaan, ataupun kejahatan lain dapat dieksekusi secara adil dan membuat jera para pelakunya. Di Arab Saudi juga terdapat Qisas yaitu hukum yang berarti mata diganti mata. Sehingga setiap orang akan berfikir beribu-ribu kali sebelum membuat kejahatan.

2. Afghanistan

Hukum syariat Islam di Afghanistan tergantung pada adat dan tradisi suku setempat. Hal tersebut dikarenakan negara ini memiliki sejarah yang kompleks. Afghanistan saat ini dikuasai Taliban yang terkenal dengan aturan pembatasan peran wanita.

Seperti kita ketahui, Taliban sebenarnya adalah kumpulan santri yang di plesetkan oleh para munafikun. Taliban yang disamakan seperti ISIS yang notabene teroris yang sama sekali tidak menerapkan syariat Islam.

Sampai detik ini semua umat manusia dibuat benci dengan Taliban. Padahal kenyataanya Taliban tidak seperti diberitakan oleh media-media anti mainstrim.

3. Sudan

Sudan mengadopsi hukum Syariah Islam pada tahun 1983 tetapi dalam penerapannya dilakukan secara acak. Sudan juga menerapkan hukum cambuk bagi mereka yang ikut protes terhadap pemerintahan Presiden Omar al-Bashir, tetapi pengadilan banding membatalkan hukuman tersebut.

4. Pakistan

Hukum syariat Islam di Pakistan menerapkan undang-undang yang berjalan paralel dengan KUHP Pakistan. Hukum ini mencakup perzinahan, tuduhan palsu di pengadilan, kejahatan properti dan larangan obat-obatan terlarang dan alkohol.

5. Nigeria

Dalam penerapan hukum syariat Islam di Nigeria, sudah diterapkan sebanyak 12 dari 36 negara bagian Nigeria. Sisanya Nigeria menggunakan sistem hukum campuran, yang terdiri dari hukum umum dan tradisional Inggris.

6. Qatar

Hukum syariat Islam di Qatar menerapkan hukum cambuk bagi mereka yang mengonsumsi alkohol dan melakukan hubungan seksual terlarang. Selain itu, perzinahan diancam dengan hukuman mati ketika seorang wanita muslim dan seorang pria non-muslim terlibat.

Oleh sebab itu di Negara Qatar hampir tidak ada kasus-kasus pemerkosaan karena hukumannya sangat berat. Membuat para pelaku takut untuk melakukan kesalahan.

Jika di Negara Republik Indonesia juga diterapkan hukuman cambuk bagi mereka yang mengkonsumsi alkohol, tidak akan ada lagi orang yang mengoplas miras. Sehingga nantinya tidak ada lagi terjadinya kriminalitas karena orang yang minum alkohol dan mabuk.

7. Negara Islam Irak dan Suriah

Penggunaan hukum syariat Islam di Irak dan Suriah bisa terbilang cukup keras. Mereka menghukum kejahatan seperti pencurian, konsumsi alkohol, perzinahan, dan masalah seksualitas.

Sama hal nya dengan negara Saudi Arabia, dan beberapa negara Islam lainnya. Islam Irak dan Suriah sangat menjunjung tinggi syariat Islam untuk aturan Negaranya.

8 Brunei Darussalam

Brunei mulai menerapkan hukum syariat Islam pada 3 April 2019. Keputusan Brunei menerapkan hukum ini mengundang perdebatan masyarakat dunia. Brunei menerapkan hudud yaitu tindakan dan saksi pidana yang sanksinya telah diatur dalam Al Quran serta hadits.

Nah, jika di Indonesia diterapkan hukuman seperti di Brunei Darussalam. Apakah para tikus-tikus berdasi yang hobi korupsi masih nekat untuk korupsi?

Pastinya jika syariat Islam diterapkan dengan baik dan benar, yang namanya kasus pembunuhan, pelecehan seksual, korupsi dan kasus-kasus lainnya akan hilang dari bumi pertiwi Indonesia ini. Namun apakah hal ini bisa diterapkan? Tentu tidak, karena bukan rahasia lagi tentang aturan di negara ini dan ini pun terjadi bukan saja di Indonesia, namun di negara lain juga.

Provinsi Yang Menerapkan Syari’ah Islam di Indonesia

Ya, tidak lain dan tidak bukan satu-satunya provinsi yang menerapkan syari’ah Islam di Indonesia adalah Provinsi Aceh. Provinsi Aceh masuk dalam daftar wilayah yang menerapkan hukum syariat Islam.

Di Provinsi tersebut, hukum cambuk di depan umum adalah praktik biasa. Dukungan penerapan hukum syariat Islam di Aceh terus muncul dari warganya. Sekarang ini lembaga-lembaga ribawi seperti perbank an pun di tendang keluar dari wilayah Provinsi Aceh.

Demikian daftar negara yang menerapkan hukum syariat Islam di dunia, semoga bisa meningkatkan wawasan kita semua.

Sumber: Detik

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *