Warning: Undefined array key "id" in /home/u5238177/public_html/newsumatera.com/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/opengraph/class-image.php on line 119

Warning: Undefined array key "id" in /home/u5238177/public_html/newsumatera.com/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/opengraph/class-twitter.php on line 194

Berwisata Ke Istana Pagaruyuang Batusangkar

  • Bagikan
Bicara tentang istana tentu bagi masyarakat Sumatera Barat akan langsung teringat dengan Istana Pagaruyuang. Istana Pagaruyung atau yang biasa disebut masyarakat Minang Istana Basa merupakan sebuah istana yang terdapat di Kota Batusangakar. Istana ini merupakan satu-satunya istana yang terkenal di Sumatera Barat.
Selain itu Istana Pagaruyuang merupakan salah satu objek wisata budaya yang terkenal di Kota Batusangkar. Banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung ke Istana ini, hal ini dikarenakan Istana Pagaruyuang memiliki keunikan tersendiri. Dari bentuk bangunan Istana Pagaruyung di bangun seperti layaknya Rumah Gadang Minangkabau.
Hal menarik lainnya dari Istana ini adalah wisatawan dapat masuk kedalam istana untuk melihat-lihat benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan Minangkabau. Selain itu udara yang segar dan dengan latar belakang perbukitan membuat Istana Pagaruyuang terlihat lebih megah.
Sumber Gambar:Dron Vidio
Istana Pagaruyuang yang sekarang merupakan replika dari Istana Pagaruyuang di zaman dahulu. Hal ini dikarenakan, istana ini di zaman dahulu sebenarnya sudah runtuh akibat peperangan di tahun 1837. Setelah dibangun kembali, terjadi lagi musibah kebakaran ditahun 1966 dan kembali pada tahun 1976.
Namun pada tahun 2007 kebakaran pun kembali terjadi akibat sambaran petir yang mengakibatkan sebagian besar barang peninggalan berharga banyak yang tidak terselamatkan. Hanya sekitar 15% saja barang-barang berharga yang dapat terselamatkan akibat dari kebakaran tersebut.
Walaupun Istana Pagaruyuang yang sekarang bukanlah Istana Pagaruyung yang dulu. Namun dengan adanya replika istana ini, tentu kita tetap dapat merasakan dan melihat seperti apa megahnya istana kebanggaan orang Minang di zaman dahulu.

Lokasi


Lokasi dari Istana Pagaruyung berada di daerah Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Sumatera Barat. Istana ini hanya berjarak 5km dari pusat Kota Batusangkar.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang objek wisata budaya Istana Pagaruyuang, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca pituluik.com dan website ini bisa menjadi salah satu referensi tempat wisata, budaya, tradisi dan informasi-informasi penting lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *