5 Kuliner Unik Yang Dari Kepulauan Seribu Mulai Dari Selingkuh Sampai Dengan Bom Atom

  • Bagikan

Bagi penggemar traveling, tentu salah satu hal yang dicari selain untuk berwisata adalah tempat makan yang lezat, enak dan unik. Setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri, dan tentu memiliki cita rasa yang berbeda dari daerah lainnya.

Ada berbagai macam makanan yang unik dan penamaannya pun juga unik. Seperti halnya beberapa makanan yang berasal dari Kepulauan Seribu. Seperti kita ketahui, Kepulauan Seribu terletak di bagian utara Jakarta.

Adapun kuliner yang dimaksudkan yang memiliki nama yang nyentrik dan menyita banyak perhatian banyak orang diantaranya:

1. Selingkuh

Jika kita mendengar kata selingkuh, tentu yang muncul di benak kita adalah hal-hal yang negatif dan mengisyaratkan bahwa prilaku yang tidak baik. Namun selingkuh disini merupakan salah satu nama kuliner unik yang ada di Kepulauan Seribu.
Bagi wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu, kuliner unik ini wajib untuk dicobakan. Jajanan kuliner ini memiliki bentuk layaknya lemper, namun bahan pembuatannya adalah dari bahan dasar beras yang dipadu dengan santan kelapa. Dibagian dalamnya di isikan dengan abon ikan dan dengan dibungkus dengan daun pisang.
Jika dilihat sekilas mirip dengan makanan kuliner palai asal Sumatera Barat.

2. Kue Maco

Jika sahabat merupakan orang Sumatera Barat jika mendengan kata maco, pasti yang teringat adalah ikan kecil-kecil yang jika di goreng rasanya renyak dan enak. Kue Maco merupakan kuliner unik yang ada di Kepulauan Seribu.
Jika di daerah lain, Kue Maco biasanya disebut dengan Onde-Onde. Bahan pembuatan Kue Maco juga sama halnya dengan bahas dasar pembuatan Onde-Onde. Namun bedanya adalah jika biasanya Onde-Onde berisikan kacang hijau atau bahan-bahan manis lainnya, Kue Maco didalamnya diisi dengan ikan.
Kepulauan Seribu yang daerahnya dikelilingi oleh lautan tentu juga terkenal dengan hasil ikannya. Tentu untuk masalah pencarian bahan baku Kue Maco bukan menjadi suatu masalah lagi buat masyarakat disana.

3. Sengkulun

Kue Sengkulun merupakan salah satu makanan unik asal Kepulauan Seribu lainnya. Kue ini sebenarnya sudah banyak dibuat di daerah lainnya, namun kita tentu harus tau di Kepulauan Seribu juga ada makanan Unik ini.
Sengkulun merupakan kue yang memiliki permukaan yang berbintil kasar berwara cerah, dan sekarang ini setelah adanya pengembangan zat warna makanan yang aman. Sengkulun sekarang juga dibuat dengan warna-warna yang berbeda. Tentu hal ini akan menarik orang untuk mencoba makanan unik ini.
Memiliki tekstur yang kenyal, lembut dan mudah di gigit membuat banyak orang ketagihan ketika memakan makanan yang berasal dari Kepulauan Seribu ini. Untuk bahan baku yang digunakan untuk pembuatan kue Sengkulun ini adalah menggunakan tepung ketan.

4. Pu Cue

Pu Cue merupakan sebuah kuliner unik yang mimiliki proses pembuatan yang hampir sama dengan pembuatan pempek yang berasal dari Palembang. Bahan yang digunakan pun sama yaitu dengan menggunakan daging ikan, sagu, dan tepung terigu.
Pu Cue dapat dinikmati secara langsung, maupun dibarengi dengan makanan berat seperti nasi. Selain itu Pu Cue juga dapat menjadi tambahan untuk makan mie. 

5. Bom Atom

Jika ada orang yang berteriak ada bom atom tentu kita akan langsung berlari meninggalkan tempat tersebut untuk menyelamatkan diri. Namun jika kita mendengar kuliner Bom Atom yang ada di Kepulauan Seribu, tentu ini akan membuat kita ingin mencoba untuk memakannya.
Kuliner Bom Atom merupakan kuliner yang memiliki bahan dasar tepung terigu, telur
dan mentega. Seluruh bahan  tersebut diaduk menjadi sebuah adonan yang nantinya adonan tersebut akan dibentuk seperti bulat lonjong, setelah itu langsung digoreng.
Setelah matang, lalu dicelupkan kedalam karamel gula yang sudah diberi pewarna. Tentu hal ini dapat membuat tampilan kuliner yang cantik. Selain itu rasanya yang lezat membuat orang ketagihan untuk memakan makanan ini.
Nah itulah beberapa kuliner unik yang berasal dari daerah Kepulauan Seribu. Bagi sahabat pituluik yang datang ke Kepulauan Seribu wajib mencoba lima kuliner unik ini nih.
Semoga artikel ini bermanfaat. thanks and regard
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.