Warning: Undefined array key "id" in /home/u5238177/public_html/newsumatera.com/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/opengraph/class-image.php on line 119

Warning: Undefined array key "id" in /home/u5238177/public_html/newsumatera.com/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/opengraph/class-twitter.php on line 194

5 Kuliner Khas Minangkabau Sumatera Barat

  • Bagikan
Sumber Gambar: Smulweb4

Indonesia memiliki berbagai macam kuliner, disetiap daerahnya memiliki ciri khas kuliner masing-masing. Mulai dari kuliner yang harganya pecicilan sampai dengan kuliner dengan harga yang seperti di restoran.

Contoh saja beberpa kuliner seperti mpek mpek dari palembang, dodol jawa, dan beberapa kuliner lainnya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas 5 kuliner khas Minangkabau:

1. Rendang

Sumber Gambar: tasteasianfood

Rendang merupakan salah satu makanan khas orang Minangkabau. Disetiap hari-hari besar seperti hari raya qurban dan pesta pernikahan, salah satu menu yang tidak pernah terlupakan adalah rendang.

Redang merupakan makanan yang sudah di akui dunia kelezatnnya dan memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan makanan-makanan lainnya. Oleh sebab itu rendang merupakan salah satu kuliner khas orang Minangkabau.

Adapun rumah makan jika pemiliknya adalah orang Minang dipastikan salah satu menu makanan nya adalah rendang. Sangat jarang sekali rumah makan orang Minang yang tidak ada menu makanan rendangnya.

2. Samba Lado

Sumber Gambar: Cokpad

Samba lado merupakan salah satu kuliner khas Minangkabau yang cukup digemari banyak orang Indonesia, rasanya yang penas tetapi enak membuat siapa saja menjadi ingin dan ingin memakan lagi samba lado buatan orang minang ini.

Mungkin tidak semua orang Minang yang dapat membuat samaba lado yang pedas tetapi memuat orang menjadi ketagihan makan. Tetapi jika sudah mencoba yang namanya samba lado pasti nanti menjadi tau sendiri bagaimana nikmatnya masakan orang Minang.

3. Nasi Kapau

Sumber Gambar: oknusantara

Bagi sahabat pituluik yang pernah ke Kota Bukittinggi, pernah tidak singgah untuk makan siangnya di Los Lambuang? Dimana di lokasi Los Lambuang ini terdapat orang yang berjualan Nasi Kapau. Lalu bagaimana pendapat sahabat mengenai makanan disana?

Nasi Kapau merupakan kuliner khas Minang yang memiliki sambal utama yaitu tambunsu dan gulai ikan bertelur. Alasan pemberian nama Nasi kapau karena orang yang menjual nasi Kapau ini adalah orang yang berasal dari daerah Kapau, dimana kapau merupakan salah satu daerah yang terdapat di Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam.

4. Martabak Kubang

Sumber Gambar: Foody

Apakah ada yang pernah mendengar martabak kubang? Bagi sahabat pituluik yang berasal dari sumatera barat tentu sudah tidak asing lagi bukan?

Martabak kubang atau yang biasa kita sebut dengan martabak mesir merupakan salah satu kuliner Minang yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Dan Martabak Kubang ini berasal dari daerah Nagari Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota.

5. Sate Danguang-Danguang

Sumber Gambar: Pelangi Holiday

Danguang-Danguang adalah sebutan untuk sebuah daerah yang ada di Sumatera Barat, tepatnya berada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Sate Danguang-Danguang sendiri merupakan makanan khas daerah Danguang-Danguang.

Sate ini memiliki kuah yang berwarna kuning dan memiliki rasa yang tidak perlu diceritakan lagi. Selain itu sate Danguang-Danguang ini tidak hanya dijual di daerah Danguang-Danguang saja, namun di daerah luar Sumatera Barat seperti Batam sate ini sudah ada.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *