15 Tempat Wisata Bukittinggi Yang Wajib Untuk Dikunjungi

  • Bagikan
Sumber Gambar: caretet

15 Tempat Wisata Bukittinggi Yang Wajib Untuk Dikunjungi – Bukittinggi Kota wisata itulah yang sering kita dengar dalam keseharian jika mendengar perihal Kota Bukittinggi. Kota yang memiliki banyak objek wisata ini sekarang sudah tidak seperti dahulu lagi.

Dahulu yang objek wisata nya kurang terawat, sekarang Kota Bukittinggi sudah sangat indah dan sudah di tata rapi dengan sedemikian rupa. Beberapa objek wisata pun sekarang sudah direnovasi dan hal ini tentu untuk menarik para pengunjung.

Baca Juga:

Nah berikut ini adalah 10 tempat wisata keren yang ada di Kota Bukittinggi yang wajib untuk dikunjungi:

1. Jam Gadang

Jam gadang adalah ikon dari Kota Bukittinggi. Jam gadang merupakan salah satu spot atau tempat yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Selain itu Jam Gadang juga dijadikan sebagai pusat pertemuan bagi wisatawan. Jadi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bukittinggi akan mudah untuk menentukan titik pertemuan, sehingga bagi wisatawan yang datang berombongan tidak akan kehilangan anggota didalam rombongannya jika titik pertemuannya sudah ditentukan.

2. Tugu Pahlawan Tak Dikenal

Tugu pahlawan tak dikenal merupakan sebuah tugu yang dibuat oleh masyarakat Kota Bukittinggi untuk mengenang jasa para pahlawan yang ikut serta dalam memerdekakan Negara Republik Indonesia. Tugu pahlawan tak dikenal juga merupakan salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi Tugu Pahlawan Tak dikenal ini berdekatan sekali dengan Jam Gadang, hanya berjarak sekitar 100 meteran. Dahulunya objek wisata ini sering dijadikan tempat untuk berfoto-foto dan juga ada sebagian wisatawan yang menjadikan lokasi tugu pahlawan ini sebagai tempat peristirahatan setelah lelah menyusuri Kota Bukittinggi.

3. Taman Monumen Bung Hatta

Taman Monumen Bung Hatta dahulunya hanya dapat dilihat dari luar pagar oleh para wisatawan, namun di tahun  2017 kemarin setelah selesainya renovasi. Taman Monumen Bung Hatta sudah dapat dimasuki oleh para wisatawan.

Hal yang menarik dari taman ini adalah adanya patung Bung Hatta yang berdiri kokoh yang berada di area Istana Bung Hatta. Antara taman dengan Istana hanyalah dipisah dengan menggunakan pagar dan patung Bung Hatta sendiri sangat berdekatan dengan taman.

4. Kebun Binatang Kinantan

Kebun binatang yang terbesar di Sumatera Barat ini juga merupakan salah satu objek wisata yang wajib untuk dikunjungi. Sekarang semenjak adanya renovasi pada kebun binatang ini membuat para pengunjung menjadi semakin ramai dari sebelumnya.

Kebun Binatang Kinantan merupakan kebun binatang tertua yang ada di Sumatera Barat, selain itu kebun binatang ini juga terhubung langsung dengan Benteng Ford de Kock.

5. Benteng Ford De Kock

Benteng Ford De Kock merupakan benteng bersejarah bagaimana di zaman dahulu kejamnya belanda di masa penjajahan. Benteng Ford De Kock sekarang dijadikan sebagai objek wisata oleh masyarakat Bukittinggi.

Di lokasi wisata ini kita masih dapat melihat meriam-meriam yang terpasang di sekitar Benteng. Selain itu di lokasi wisata ini juga kita dapat menaiki kuda dan gajah di hari-hari libur.

6. Panorama Ngarai Sianok

Panorama merupakan salah satu objek wisata yang keren yang patut untuk sahabat kunjungi. Selain dari udara di objek wisata ini sangat sejuk, dari sini sahabat pituluik juga dapat melihat langsung keindahan Ngarai Sianok.

Bagi sahabat yang dulu pernah berkunjung ke Panorama Ngarai Sianok coba deh sekarang datang lagi kesini. Karena sekarang semenjak objek wisata ini di renovasi, objek wisata ini menjadi lebih keren dari dahulunya.

7. Lobang Jepang Bukittinggi

Sebenarnya pada masa penjajahan jepang sangat banyak sekali terowongan bawah tanah yang dibuat oleh masyarakat. Terowongan ini dibuat oleh bangsa Jepang sebagai tempat persembunyian sekaligus juga dijadikan penjara.

Bagi sahabat pituluik yang datang ke Kota Bukittinggi cobalah untuk datang melihat dan merasakan bagaimana sensasi di dalam lobang Jepang ini. Namun jika sobat memasuki lobang Jepang ini usahakanlah untuk menyewa tour gaet yang benar-benar faham mengenai jalan dan tempat-tempat apa saja yang ada di dalam lobang Jepang ini.

8. Taman Maaram 

Tidak jauh dari benteng Ford De Kock ada objek wisata yaitunya Taman Maaram. Taman ini hampir sama dengan Panorama Ngarai Sianok.

Taman ini menawarkan kita untuk melihat bagaimana indahnya lembah yang terdapat di tepi Taman ini. Taman Maaram juga belum lama ini di buka di Kota Bukittinggi, taman ini juga sangat berdekatan dengan RSUD Ahcmad Muchtar.

9. Lapangan Kantin

Lapangan Kantin merupakan tempat wisata yang biasanya dijadikan sebagai tempat olahraga seperti lari pagi, main basket dan main bola bagi masyarakat sekitar Bukittinggi. Selain itu objek wisata ini juga sering dijadikan sebagai tempat mengadakan event-event seperti acara musik, olahraga dan lain-lain.

10. Taman Walikota Bukittinggi

Taman Walikota Bukittinggi juga banyak dikunjungi oleh wisatawan, walaupun pada dasarnya hanyalah gerombolan anak muda. Namun setiap sore hari Taman Walikota Bukittinggi selalu ramai dikunjungi.

11. Ngarai Sianok

Untuk objek wisata ini tentu sudah tidak perlu dijelaskan lagi, karena objek wisata yang satu ini sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu. Objek wisata ini berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya seperti jenjang 1000, Panorama, dan Great Wall Koto Gadang.

12. Jenjang 1000


13. Great Wall Koto Gadang

14. Jenjang 40

15. Rumah Bung Hatta

Nah itulah beberapa objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

writer: Alber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.